Jumat, 22 Juli 2011

NETWORK MARKETING

Tak perlu dipungkiri, industri Network Marketing saat ini banyak diminati. Sebab, walau industri ini telah berlangsung 30 tahun lalu, baru sekarang sebagian masyarakat menyadari kekuatan bisnis ini, terutama bagi para pegawai dan profesional. Mereka kini mulai melirik bisnis ini, mengingat sebagian besar dari bisnis yang mereka bangun, basis keuangannya tidak jauh beda dengan pebisnis MLM.
MLM mungkin menjadi ' batas akhir ' seorang entrepreneur dalam memberikan penghasilan dari bisnis mereka. Lebih - lebih bagi konsumen, merupakan ujian untuk mendapat income kedua di luar gaji, dengan resiko yang relatif kecil. Bukan rahasia lagi, masyarakat saat ini dibenturkan pada soal pemecatan, perusahaan gulung tikar, gaji yang minim, serta susahnya mencari penghasilan yang resikonya kecil.

MLM telah berubah dan berkembang tahap demi tahap. Dalam kurun waktu tertentu, MLM dikenali sebagai industri ' penjualan sabun' lalu berkembang hingga konsumen yang biasa membeli di toko - toko dapat membelinya melalui MLM, khususnya produk gizi dan perawatan kulit. Di tahun 80 an , bukan hanya produk yang ditawarkan MLM, juga merambah ke industri jasa yang terus dikembangkan.Sebagian perusahaan MLM juga punya kepedulian sosial yang tinggi. Misal, merawat para tuna wisma, memberi makan kaum miskin, mebersihkan lingkungan dan sebagainya.

Sponsor dan upline anda satu. Bila anda telah memilih bergabung dengan suatu perusahaan MLM, anda membutuhkan sponsor yang memberi bantuan secara aktif. Kadang - kadang sponsor langsung teramat baru bagi bisnis anda. Ini wajar - wajar saja, sepanjang upline senang bekerja dengan anda. Mendapatkan pelatihan dan materi marketing begitu vital diperlukan. Sebab, ada juga perusahaan MLM tidak memberi training. Jadi sponsor atau upline anda diwajibkan membantu dan melatih, khususnya jika anda seorang pendatang baru di MLM atau pernah menjalani kegagalan di MLM.
Sponsor atau upline harus mampu menjawab pertanyaan anda, bagaimana mewujudkan dan mempresentasikan produk atau jasa perusahaan, maupun peluang bisnisnya. Ia harus menolong anda merekrut distributor - distributor baru diantara klien hingga mampu mendirikan jaringan anda. Lagi-lagi, sebagai besar perusahaan tidak memiliki perlengkapan penjualan yang anda perlukan, maka mencari sponsor atau upline yang bisa membuat materi amatlah penting.

Beberapa ide tambahan terdapat ribuan perusahaan MLM yang bisa dipilih. Namun hanya sedikit yang cocok dengan anda. Sekali jadi distributor, anda sepenuhnya punya semua keuntungan dan resiko bisnis. Anda punya tanggung jawab besar ketika akan mendistribusikan produk atau terlibat secara part time di perusahaan. Tapi inipun masih bisnis anda sendiri. Mungkin anda mengetahui berdasarkan statistik, kegagalan - kegagalan bisnis MLM dan non MLM. Selama hidup anda dihadapkan resiko - resiko bila ingin meraih kemajuan. Sejak lahir ke dunia, baik menetap di rumah yang relatif aman , anda tetap dihadapkan dengan resiko.

Tak satupun prestasi diraih tanpa berhadapan dengan resiko. Jika anda bermimpi tentang kehidupan yang lebih baik - buat diri sendiri, keluarga atau mungkin semua manusia tidak ada jalan yang lebih baik kecuali berjanji untuk mengambil langkah maju. Dalam kata - kata Goethe [ yang sering terdengar belakangan ini ] : ' Apapun yang dapat anda lakukan atau bermimpi bisa melakukan, lakukan. Keberanian memiliki kepandaian, kekuatan dan keajaiban di dalamnya, lakukanlah sekarang ! Bagi para pendatang baru, program yang mewah dan mudah dapat membantu anda ' belajar sambil bekerja '. Inilah jalan prestasi untuk mengetahui mengapa jutaan orang berkepentingan dalam MLM. Nah, dengan perusahaan dan upline yang tepat, anda mungkin berhasil hingga menjadi milliarder !!

Penulis : Beverly Nadler, adalah seorang konsultan MLM/Network Marketing terkenal, penulis, pelatih dan motivator. Ia juga dikenal di bidang kesehatan, specialis gizi dan pengembangan kepribadian. 12 kaset rekaman ' You can be successful in MLM ' adalah diantara materi terjelas dan praktis pada industri ini. " Taking Charge " , buku dan kasetnya, diketahui sebagai sumber motivasi para profesional.

SOICHIRO HONDA: Lihat Kegagalan Saya

Cobalah amati kendaraan yang melintasi jalan raya. Pasti, mata Anda selalu terbentur pada Honda, baik berupa mobil maupun motor. Merk kendaran ini menyesaki padatnya lalu lintas, sehingga layak dijuluki "raja jalanan". 

Namun, pernahkah Anda tahu, sang pendiri "kerajaan" Honda - Soichiro Honda – diliputi kegagalan. Ia juga tidak menyandang gelar insinyur, lebih-lebih Profesor seperti halnya B.J. Habibie, mantan Presiden RI. Ia bukan siswa yang memiliki otak cemerlang. Di kelas,duduknya tidak pernah di depan, selalu menjauh dari pandangan guru. "Nilaiku jelek di sekolah. Tapi saya tidak bersedih, karena dunia saya disekitar mesin, motor dan sepeda,"tutur tokoh ini, yang meninggal pada usia 84 tahun, setelah dirawat di RS Juntendo,Tokyo, akibat mengindap lever. 

Saat merintis bisnisnya Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan. Ia sempat jatuh
sakit, kehabisan uang, dikeluarkan dari kuliah. Namun ia trus bermimpi dan bermimpi... 

Kecintaannya kepada mesin, mungkin 'warisan' dari ayahnya yang membuka bengkel reparasi pertanian, di dusun Kamyo, distrik Shizuko, Jepang Tengah, tempat kelahiran Soichiro Honda. Di bengkel, ayahnya memberi cathut (kakak tua) untuk mencabut paku. Ia juga sering bermain di tempat penggilingan padi melihat mesin diesel yang menjadi motor penggeraknya. 

Di situ, lelaki kelahiran 17 November 1906, ini dapat berdiam diri berjam-jam. Di usia 8 tahun, ia mengayuh sepeda sejauh 10 mil, hanya ingin menyaksikan pesawat terbang. 

Ternyata, minatnya pada mesin, tidak sia-sia. Ketika usianya 12 tahun, Honda berhasil menciptakan sebuah sepeda pancal dengan model rem kaki. Tapi, benaknya tidak bermimpi
menjadi usahawan otomotif. Ia sadar berasal dari keluarga miskin. Apalagi fisiknya lemah, tidak tampan, sehingga membuatnya rendah diri. 

Di usia 15 tahun, Honda hijrah ke Jepang, bekerja Hart Shokai Company. Bosnya, Saka Kibara, sangat senang melihat cara kerjanya. Honda teliti dan cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yang mencurigakan, setiap oli yang bocor, tidak luput dari perhatiannya. Enam tahun bekerja disitu, menambah wawasannya tentang permesinan. Akhirnya, pada usia 21 tahun, bosnya mengusulkan membuka suatu kantor cabang di Hamamatsu. Tawaran ini tidak ditampiknya. 

Di Hamamatsu prestasi kerjanya tetap membaik. Ia selalu menerima reparasi yang ditolak oleh bengkel lain. Kerjanya pun cepat memperbaiki mobil pelanggan sehingga berjalan kembali. Karena itu, jam kerjanya larut malam, dan terkadang sampai subuh. Otak jeniusnya tetap kreatif. Pada zaman itu, jari-jari mobil terbuat dari kayu, hingga tidak baik meredam goncangan. Ia punya gagasan untuk menggantikan ruji-ruji itu dengan logam. Hasilnya luarbiasa. Ruji-ruji logamnya laku keras, dan diekspor ke seluruh dunia. Di usia 30, Honda menandatangani patennya yang pertama. 

Setelah menciptakan ruji, Honda ingin melepaskan diri dari bosnya, membuat usaha bengkel sendiri. Ia mulai berpikir, spesialis apa yang dipilih? Otaknya tertuju kepada pembuatan Ring Pinston, yang dihasilkan oleh bengkelnya sendiri pada tahun 1938. Sayang,karyanya itu ditolak oleh Toyota, karena dianggap tidak memenuhi standar. Ring buatannya tidak lentur, dan tidak laku dijual. Ia ingat reaksi teman-temannya terhadap kegagalan itu. Mereka menyesalkan dirinya keluar dari bengkel. 

Karena kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius. Dua bulan kemudian, kesehatannya pulih kembali. Ia kembali memimpin bengkelnya. Tapi, soal Ring Pinston itu, belum juga ada solusinya. Demi mencari jawaban, ia kuliah lagi untuk menambah pengetahuannya tentang mesin. Siang hari, setelah pulang kuliah - pagi hari, ia langsung ke bengkel,mempraktekan pengetahuan yang baru diperoleh. Setelah dua tahun menjadi mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karena jarang mengikuti kuliah. 

"Saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberi makan, melainkan dijejali
penjelasan bertele-tele tentang hukum makanan dan pengaruhnya, " ujar Honda, yang gandrung balap mobil. Kepada Rektornya, ia jelaskan maksudnya kuliah bukan mencari ijasah. Melainkan pengetahuan. Penjelasan ini justru dianggap penghinaan. 

Berkat kerja kerasnya, desain Ring Pinston-nya diterima. Pihak Toyota memberikan kontrak, sehingga Honda berniat mendirikan pabrik. Eh malangnya, niatan itu kandas. Jepang, karena siap perang, tidak memberikan dana. Ia pun tidak kehabisan akal mengumpulkan modal dari sekelompok orang untuk mendirikan pabrik. Lagi-lagi musibah datang. Setelah perang meletus, pabriknya terbakar dua kali. 

Namun, Honda tidak patah semangat. Ia bergegas mengumpulkan karyawannya. Mereka diperintahkan mengambil sisa kaleng bensol yang dibuang oleh kapal Amerika Serikat,digunakan sebagai bahan mendirikan pabrik. Tanpa diduga, gempa bumi meletus menghancurkan pabriknya, sehingga diputuskan menjual pabrik Ring Pinstonnya ke Toyota. Setelah itu, Honda mencoba beberapa usaha lain. Sayang semuanya gagal. 

Akhirnya, tahun 1947,setelah perang Jepang kekurangan bensin. Di sini kondisi ekonomi Jepang porak-poranda. Sampai-sampai Honda tidak dapat menjual mobilnya untuk membeli makanan bagi keluarganya. Dalam keadaan terdesak, ia memasang motor kecil pada sepeda.
Siapa sangka, "sepeda motor" - cikal bakal lahirnya mobil Honda - itu diminati oleh para tetangga. Mereka berbondong-bondong memesan, sehingga Honda kehabisan stok. Disinilah,Honda kembali mendirikan pabrik motor. Sejak itu, kesuksesan tak pernah lepas dari tangannya. Motor Honda berikut mobinya, menjadi "raja" jalanan dunia, termasuk Indonesia. 

Soichiro Honda mengatakan, janganlah melihat keberhasilan dalam menggeluti industry otomotif. Tapi lihatlah kegagalan-kegagalan yang dialaminya. "Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi, mereka tidak melihat 99% kegagalan saya", tuturnya. Ia memberikan petuah ketika Anda mengalami kegagalan, yaitu mulailah bermimpi, mimpikanlah mimpi baru dan berusahalah untuk merubah mimpi itu menjadi kenyataan. 

Kisah Honda ini, adalah contoh bahwa Suskes itu bisa diraih seseorang dengan modal seadanya, tidak pintar di sekolah, ataupun berasal dari keluarga miskin. Jadi buat apa kita putus asa bersusah hati merenungi nasib dan kegagalan. Tetaplah tegar dan teruslah berusaha, lihatlah Honda sang “Raja” jalanan. 

5 Resep keberhasilan Honda:
1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu memperbaiki produksi.
3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda senyaman mungkin. 

4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis. 

5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama. 

PROMOSI EFEKTIF

Banyak orang merasa terkagum-kagum melihat orang lain sukses, dan mengapa kita merasa sangat sulit untuk menjadi sukses? 
ya salah satunya karena kita berhenti sebelum saat sukses datang

Ternyata banyak orang yang lupa untuk melakukan promosi yang efektif, padahal cara sederhana ini terbukti sangat ampuh untuk mencapai puncak kesuksesan

saya ada seorang teman, yang melakukan promosi secara berkala dengan berbagai tema menarik, karena yang dilakukan itu itu saja dari hari ke hari dari bulan ke bulan kadang saya sampai bosan,... nah suatu ketika saya lihat berapa sih jumlah donlen pak? sekarang udah 2500 orang wow, kaget saya.... padahal start hanya beda 2 bulan saja....pencapaian saya 10% aja tidak sampai.... pada akhirnya saya pelajari ....dari cara teman saya itu... ternyata... memang luar biasa

Nah sekarang saatnya memulai belajar untuk melakukan promosi dengan efektif, ada beberapa cara sbb :

1. Kalimat-kalimat apa yang menarik
Hindari kalimat-kalimat yang bombastis, tidak terukur, dan tidak realistis

2. Memilih tempat promosi
Jika ingin yang gratisan silahkan, banyak sekali web iklan baris gratis, namun sebaiknya sisihkan 20%-30% pendapatan anda untuk promosi

3. Kapan dan berapa kali kita melakukannya
Promosi tidak harus per jam atau yang menggebu-nggebu, luangkan 15-30 menit saja sehari atau 2 hari sekali, harus disiplin dan konsisten

4. Jika ada orang yang tertarik apa yang harus kita lakukan
Mulai kenal prospek anda, bisa dengan email, sms, atau telp jika anda punya prospek yang bagus

5. Melayani prospek dengan empati
Sediakan waktu untuk mendengarkan, menjawab, sampai prospek anda merasa cukup, jika belum bisa minta waktu sampai anda dapat jawaban yang sesuai

6. Jangan sampai kehilangan contact
Sangat jarang orang langsung gabung, saat ini hampir semua orang extra hati-hati untung memulai bisnis, jadi pasti akan tanya beberapa hal, 1-5 hari mempertimbangkan dan mempelajari sendiri
nah dalam jangka waktu prospek anda berpikir usahakan jangan kehilangan kontak, sms dia, tanya apa kendala dan yang belum jelas, minta email pertanyaan dll

7. Berikan info-info yang sesuai, realistis, dan wajar 
Dalam memberikan jawaban, info tentang prospek bisnis anda, usahakan yang wajar dan realistis, agar prospek anda bisa mengukur kemampuan dan bergabung dengan info yang lengkap dan jelas
 
7 point diatas hanya sebagian saja, silahkan dikembangkan sendiri disesuaikan dengan keinginan anda, karena promosi adalah bagian dari sebuah seni untuk mempengaruhi orang lain

SEMAKIN BANYAK PEMAIN BARU

Jika Anda pernah menghadiri presentasi bisnis network-marketing pada saat bisnis network-marketing mulai beroperasi di Indonesia kurang lebih 10 tahun yang lalu, Anda akan melihat banyak ibu-ibu rumah tangga yang hadir. Sekarang, bisnis network-marketing telah digeluti oleh orang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda, tapi yang berkembang paling pesat adalah pelaku network marketing baru dari kalangan eksekutif dan kalangan professional.

Perkembangan industri network-marketing selama satu dekade terakhir telah berhasil menarik minat banyak kalangan untuk ikut berpartisipasi. Saat ini, kita sudah melihat banyak professional yang menjalankan dan mengembangkan bisnis network-marketing mereka sendiri.

Sekarang, jika Anda menghadiri presentasi bisnis network-marketing, sudah merupakan hal yang lumrah untuk melihat dokter, bankir, pengacara, bintang sinetron, selebritis yang berpartisipasi dalam presentasi bisnis tersebut.

Meningkatnya partisipasi dari kalangan eksekutif dan professional memberikan kontribusi yang tinggi terhadap perkembangan industri network-marketing. Dengan bergabung, kalangan professional membawa keahlian teknis, pengakuan sosial dan juga kredibilitas terhadap industri network-marketing. Para professional ini adalah orang-orang yang mempunyai karir yang relatif mapan dan penghasilan yang relatif tinggi.

Kalau begitu, mengapa para eksekutif dan professional ini berminat menggeluti bisnis network-marketing?
Para professional tertarik untuk menggeluti bisnis network-marketing karena bisnis ini menawarkan potensi kebebasan finansial (financial freedom) dan kebebasan untuk mengatur hidup mereka sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Para professional adalah calon-calon yang ideal untuk menggeluti bisnis network-marketing. Mengapa?
Mari kita analisa kehidupan seorang dokter. Seorang dokter bekerja 10 s/d 12 jam sehari, dan kadang-kadang harus siaga 24 jam. Memang tidak dapat dibantah bahwa penghasilan seorang dokter relatif cukup tinggi. Jika seorang dokter memperoleh pendapatan Rp.300 juta per tahun, penghasilan tersebut tetap saja merupakan penghasilan linear (linear income). Seorang dokter menerima income jika mereka bekerja/berpraktek, jika mereka tidak bekerja/berpraktek, income tidak akan datang dengan sendirinya.
Walaupun seorang dokter memperoleh income yang relatif tinggi, ia juga menginginkan lebih banyak waktu untuk keluarganya, untuk mengembangkan hobbynya atau untuk menikmati liburan dengan keluarganya. Bisnis network-marketing memungkinkan seorang dokter untuk mencapai apa yang tidak ditawarkan oleh penghasilan linear dia.

Kalangan eksekutif (seperti bankir) juga menginginkan hal yang sama. Akibat Krisis Moneter, banyak bankir yang dulu memperoleh income ratusan juta per tahun mengalami PHK hingga harus mencari sumber income lain dan dapat memberikan income tinggi secara lebih terjamin.

Untuk para eksekutif yang tidak terkena PHK akibat krisis moneter, mereka mungkin harus bekerja 2 kali lebih keras tanpa memperoleh kenaikan gaji. Oleh karena itu, mereka juga mulai mempertimbangkan alternatif-alternatif lain untuk memperoleh income yang tinggi. Lagi-lagi, bisnis network-marketing merupakan solusi yang mereka butuhkan.

Network-marketing adalah satu-satunya bisnis yang beresiko rendah, tetapi berpotensi memberikan hasil yang luar biasa tinggi. Hal ini tentu saja menarik untuk para professional yang walaupun mempeoleh income yang tinggi, tetapi harus dengan mengorbankan waktu yang seharusnya di-alokasikan untuk keluarga dan orang-orang tercinta.

Saya yakin, dengan berlalunya waktu, akan semakin banyak lagi eksekutif dan professional yang juga akan ikut bergabung dan mengembangkan industri network-marketing ini.

Jika Anda adalah seorang professional yang sedang mempertimbangkan untuk menggeluti bisnis network marketing, dengan senang hati saya akan bekerjasama dengan Anda untuk mewujudkan financial independence yang Anda impikan.

Siapa yang setia dan bertahan dialah pemenangnya...

Saya sangat terinspirasi dengan kata-kata itu... setelah saya renungkan sekian lama, saya pikirkan, dan saya pelajari lebih lanjut itulah salah satu "Kunci Sukses". Siapapun yang ingin sukses harus melewati fase itu, memperlakukan bisnis anda dengan baik, memahaminya, dan mengembangkannya sama persis seperti kita punya sebuah tanaman, setiap pagi kita harus siram, kita beri pupuk, kita bersihkan rumputnya, secara berkala kita ganti tanahnya secara berkala, kita semprot dengan pestisida dll agar tanaman kita tumbuh, berkembang, dan menghasilkan buah.
Terkadang kesuksesan bisa memerlukan 100 langkah tetapi jarang sekali orang yang mampu bertahan sampai langkah yang ke 100, ada yang baru langkah 50 sudah putus asa, ada yang 75 langkah bahkan ada yang 99 langkah memutuskan untuk mundur.
Sekarang saatnya bertahan pada bisnis yang telah kita putuskan, saatnya memperlakukan bisnis kita dengan baik layaknya sebagai seorang kekasih, agar bisnis kita bisa memberikan apa yang kita inginkan

TIPS MELAKUKAN DUPLIKASI TEAM ANDA

Kerinduan setiap pemain bisnis Multi-Level Marketing yang paling dalam adalah bila dirinya berhasil menjadi seorang duplikator yang baik. Semua orang tahu, hanya dengan cara duplikasi inilah segala bentuk bonus dalam bisnis MLM dapat dinikmati. Tapi, sekalipun banyak yang paham akan makna duplikasi ini, masih saja ada yang tidak berjalan dengan lancar.

Jika Anda melakukan kegiatan mengundang, presentasi, mensponsori lalu Anda juga berharap downline Anda akan melakukan hal yang sama dan Anda menganggap itulah duplikasi, maka yang Anda temukan hanyalah perasaan kecewa dan frustasi. Duplikasi bukan hanya sekedar contoh di depan untuk ditiru lalu selesai. Duplikasi tidak sesederhana itu.

Juga, bila Anda berganggapan bahwa bentuk fisik yang sama dalam cermin adalah duplikasi, inipun salah besar. Bukan hanya fisik dan tingkah laku Anda yang harus Anda duplikasikan, melainkan emosi, mental dan spiritual Anda semua harus Anda peragakan dan ditiru oleh downline. Sebab, dalam duplikasi, Anda harus masuk ke dalam dunia orang asing. Anda sedang membuka hati, pikiran dan semangat orang lain untuk melakukan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan.
Ada dua hal yang harus Anda terima dalam menjalankan duplikasi, yakni pertama, Anda harus meningkatkan dan mengembangkan diri secara terus-menerus, dengan tujuan supaya Anda bertumbuh dengan sehat dan benar dalam menjalankan bisnis MLM yang Anda tekuni. Kedua, ulet, pantang menyerah dalam menjalankan bisnis Anda. 

Bertumbuh dan Berkembang

Bisnis MLM tidak seperti bisnis konvensional yang selalu dilakukan secara monoton dari tahun ke tahun. Ada dua cara untuk berhasil dalam bisnis MLM, yaitu melakukan penjualan dan menjalankan kepemimpinan yang berhasil. Kedua hal ini merupakan kunci bisnis MLM, tidak ada cara lain. Dan bicara mengenai duplikasi, berarti kita bicara tentang bisnis MLM yang berorientasi kepada kepemimpinan, bukan penjualan.
Syarat menjadi seorang pemimpin yang berhasil dalam bisnis ini hanya ada satu cara, yaitu Anda harus bertumbuh dan berkembang. Ada lima hal yang harus Anda tumbuh kembangkan dalam diri Anda. Pertama, kembangkan komunikasi Anda. Ini menggambarkan seberapa baik Anda dalam memotivasi downline. Kedua, kembangkan sikap Anda. Ini menggambarkan bagaimana Anda menghargai, peduli dan perhatian kepada downline. Ketiga, kembangkan hubungan Anda. Ini menggambarkan seberapa dekat hubungan Anda dengan downline. Keempat, tumbuhkan komitmen Anda. Ini menggambarkan seberapa besar waktu yang Anda berikan kepada downline. Kelima, tumbuhkan kepemimpinan Anda. Ini menggambarkan seberapa baik diri Anda menjadi teladan, panutan, memahami, mengerti, dan mempengaruhi downline.

Itulah alasan mengapa Anda harus bertumbuh dan berkembang sebelum mengadakan gerakan duplikasi. Sebab, dalam duplikasi, nantinya Anda akan lebih banyak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain. Dan lagi, duplikasi menuntut suatu tindakan yang berkelanjutan dan semangat yang membara. Ini akan Anda peroleh bila memiliki emosi yang positif.

Perlu disadari, sebetulnya apa yang harus diduplikasikan? Ada dua hal yang perlu diduplikasikan kepada mitra kerja Anda, yaitu kemampuan dan kemauan Anda. Pengetahuan Anda tentang bisnis, sistem, dan produk, semuanya mencerminkan kemampuan yang Anda miliki, dan itulah yang harus Anda duplikasikan. Apa yang Anda pahami dan ketahui sangatlah membantu proses duplikasi, dengan mengajar dan membina downline agar pada akhirnya mereka siap meminta tanggung jawabnya sebagai duplikator.

Sementara itu, kemauan adalah bagian dari tekad, komitmen, loyalitas, konsistensi, sikap, mental, emosi dan rasa tanggung jawab terhadap masa depan Anda sendiri. Kemauan juga merupakan motivasi dari hidup Anda untuk terus berjuang dan bertahan di dalam menggapai dan merealisasikan tujuan Anda.

Kemauan yang Anda duplikasikan merupakan rangkaian api yang sambung menyambung yang tidak bakal padam. Pentingnya kemauan dalam unsur duplikasi merupakan komponen yang sangat menentukan berjalan atau tidaknya duplikasi tersebut. Kemauan juga berarti menyelesaikan pekerjaan hingga selesai, tidak setengah-setengah, tidak ragu-ragu, tidak bimbang, tidak menyerah, tidak berhenti di tengah jalan.
Kemauan ini harus Anda transfer dengan demikian mulus, sehingga orang yang menerima transfer tidak merasa disuruh, melainkan dengan sadar bersedia melakukan duplikasi dengan suka cita. 

Orang yang Harus Diperhatikan

Dalam duplikasi, tentang siapa yang harus diperhatikan juga penting. Tentu, orang yang paling dekat dan akrab dengan Anda, mereka itulah yang pantas dan harus Anda perhatikan dengan sepenuh hati. Orang-orang yang mempunyai ambisi dan potensi untuk maju, mereka yang penuh semangat, mereka yang hidupnya bergairah, mereka juga yang harus Anda perhatikan.

Sangat keliru bila Anda beranggapan bahwa semua orang bisa terlibat dalam masalah duplikasi. Padahal, selalu ada kelompok yang menjadi pemain dan penonton. Bila Anda menginvestasikan waktu untuk orang-orang tipe penonton, maka sudah dapat dipastikan bahwa pekerjaan ini merupakan pekerjaan tersulit yang pernah Anda kerjakan, dan hasil serta kesimpulan yang Anda peroleh pastilah rasa kecewa dan frustasi yang sangat menyakitkan.

Pilihlah para pemain yang sportif, mereka itulah aset termahal yang Anda miliki. Tipe-tipe macam itu biasanya menyukai pertumbuhan dan perkembangan pribadi, yang kesukaannya membaca dan belajar. 

Untuk menemukan orang-orang semacam itu tidaklah sulit, mereka biasanya mempunyai ciri-ciri yang menonjol dibandingkan dengan tipe penonton. Mereka antusias jika ada sesuatu yang baru, mereka positif jika ada perubahan, mereka semangat jika mereka dilibatkan, mereka mau belajar dan mendengarkan orang lain, dan mereka merupakan pemain yang hebat dan sportif.

Apa yang harus Anda perhatikan?

Kekuatan, cacat karakter, dan gairah mereka itulah yang harus menjadi fokus utama Anda. Dengan menggali dan menggali terus kekuatan serta gairah mereka, akan menjadi bagian dari sekumpulan orang-orang sukses. Dalam memberikan perhatian jangan pernah Anda hitung menghitung dengan mereka, lakukan semuanya dengan tulus. Orang-orang tersebut biasanya tidak mau dimanipulasi dengan alasan apa pun, Jadi cara teraman adalah ketulusan.

Mengajar mereka untuk bertumbuh dan berkembang juga merupakan salah satu memberi perhatian pada mereka. Berikan gambaran mengenai visi untuk masa depan mereka, kembangkan selangkah demi selangkah dan yang terpenting adalah hadapkan mereka pada tanggung Jawab dan pengalaman duplikasi itu sendiri.

Pada akhirnya Anda harus menyadari bahwa duplikasi tidak lain dari pengembangan manusia ke arah yang lebih produktif dan positif. Jika Anda perhatikan bahwa dalam bisnis MLM, Anda mempunyai downline yang produktif dan aktif, sudah dipastikan bahwa group Anda akan kuat dan berkembang dengan sehat dan benar. Nah, jika demikian, Anda harus lebih memberikan waktu, tenaga, dan perhatian kepada group Anda. Bukan hanya sekadar memberikan instruksi dan contoh. Ke depan, ada dua tugas utama yang harus Anda kerjakan dalam menjalankan gerakan duplikasi. Pertama, memberi jalan keluar. Kedua, memberikan petunjuk arah yang positif dan produktif.
Dalam memberi jalan keluar, adalah sangat mulia jika Anda mulai menjalin hubungan yang harmonis dengan downline, bukan sekadar dan sebatas mitra bisnis. Di sini Anda diharapkan berperan sebagai konselor bagi group Anda. Sebagai seorang duplikator, Anda harus menyadari bahwa kemampuan setiap downline sangat bervariasi. Dengan mengenali kelemahan, kekuatan, dan karakter downline, akan memudahkan Anda untuk masuk dalam dunia mereka. 

Berilah jalan keluar kepada mereka yang berhenti di tengah jalan, mereka yang frustasi, dan yang putus asa tatkala menjalankan bisnis menemukan kesulitan. Tidak ada tugas yang lebih baik dan bermanfaat bagi group Anda selain memberi jalan keluar dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi downline.

Perlu dicatat, banyak di antara pemain bisnis MLM lebih senang melakukan pekerjaan sendiri-sendiri dengan berbagai alasan tertentu. Seringkali mereka melupakan satu hal yang seharusnya menjadikan dasar dari bisnis MLM itu sendiri, yaitu melibatkan seluruh group di bawahnya.

Sebagai seorang duplikator yang baik, Anda harus sudah berani mempercayai downline Anda untuk bekerja bersama menyelesaikan berbagai masalah dan rintangan. Tongkat estafet harus Anda serahkan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat pula, tentu dengan pengarahan dari Anda dan bimbingan dari Anda sendiri dengan tujuan pencapaian bersama.

Pembinaan dan pengarahan yang efektif akan menghasilkan suatu generasi yang produktif bagi group Anda. Jangan pernah Anda hanya melihat potensi seseorang lalu Anda mengharapkan orang tersebut akan produktif, hal itu tidak akan pernah terjadi. Sebesar-besarnya potensi seseorang tetap orang tersebut masih memerlukan suatu arahan yang positif dari uplinenya secara berkesinambungan.

Ada dua macam ancaman serius yang terjadi pada para pemain bisnis MLM, yaitu seseorang tidak akan pernah termotivasi setiap saat dan secara terus menerus. Juga, ada pencuri-pencuri impian yang selalu siap siaga menerkamnya.
Jadi, jelas sudah. Dalam duplikasi, ada sesuatu yang harus berani Anda bayar, yakni: sikap Anda, kemauan Anda, tenaga Anda, loyalitas Anda, kesabaran Anda, kenyamanan dan kesenangan Anda serta emosi Anda.

Tidak ada cara lain untuk membayar harga sebuah duplikasi kecuali dengan hal-hal tersebut. Kesanggupan Anda untuk memberikan sernuanya itu adalah kunci sukses tidaknya bisnis Anda. Anda tidak perlu menyalahkan downline, group, dan perusahaan Anda. Tapi tanyakan pada diri sendiri, apakah yang sudah Anda bayar terhadap bisnis Anda, terhadap downline Anda?

SUKSES DENGAN 4 CARA

Empat cara seseorang menjadi sukses yang akan disampaikan berikut ini adalah versi Edward D'Bono. Beliau adalah seseorang yang memfokuskan studinya pada bidang psikologi kreativitas. Salah satu buku hasil karya beliau yang terkenal adalah "Lateral Thinking".

Dalam buku tersebut, beliau bercerita tentang tak tik. Dari hasil mencari beberapa kesamaan yang dimiliki oleh orang-orang sukses, beliau menemukan empat alasan yang mendorong seseorang menjadi sukses.

Pertama adalah "luck" (keberuntungan). Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sukses terjadi karena kebetulan. Menurut Edward D'Bono, memang ada orang sukses karena mendapatkan keberuntungan. Misalnya, tiba-tiba mendapat lotre senilai USD 1 juta (sekitar Rp 8,5 miliar) atau menikah dengan orang yang sangat kaya. Bisa juga tiba-tiba bisnis yang sedang digeluti mendapatkan order dalam jumlah besar. Tiga contoh itu adalah kesuksesan karena kebetulan.

Kedua adalah "very talented" (sangat berbakat). Seseorang menjadi sukses karena dia memang mempunyai kapabilitas yang luar biasa di segala sisi. Salah satu contoh konkritnya adalah Mozart. Dalam usia empat tahun dia sudah mampu bermain piano dengan permainan yang luar biasa bagus. Mozart ini adalah salah satu contoh orang yang "very talented". Contoh lain adalah Richard Claiderman, seorang pianis moderen yang juga sangat berbakat di bidangnya. Di bidang olah raga salah satu contohnya adalah Tiger Wood, seorang pemain golf yang very talented.

Ketiga adalah "you are on a growing business sector". Anda sukses karena melakukan bisnis di sektor yang sedang tumbuh pesat. Contohnya, orang-orang yang melakukan bisnis komputer di tahun 1985-an kebanyakan relatif berhasil. Orang yang berbisnis internet juga banyak yang mendapatkan sukses. Jika Anda melakukan bisnis di sektor yang sedang tumbuh, kemungkinan untuk menjadi sukses akan lebih besar.

Keempat adalah "you are little bit mad". Anda harus sedikit gila kalau ingin meraih sukses. Sedikit gila memang tidak selalu menghasilkan hal negatif. Anda bisa sukses dengan gila prospekting, gila presentasi, gila hadir ke pertemuan, gila promosi, gila jualan, gila cari downline, gila TUPO ...

Sekarang anda sudah tahu berada pada zona mana? tinggal optimalkan spirit dan energi anda untuk meraih sukses seperti yang anda inginkan

Ingat! Tidak ada Kesuksesan Instant

Sukses berbisnis baik online maupun offline perlu perjuangan, perlu pengalaman, perlu ketekunan, perlu pengetahuan yang terus dan selalu berkembang
Punya modal saja tidak cukup, Joint di bisnis bagus ataupun joint diawal program belum menjamin anda bisnis sukses

Banyak sekali pendapat yang mengatakan kunci sukses di bisnis online... ada yang mengatakan harus pandai merekrut, anda harus pandai menjual, anda harus bekerja sama dengan upline, anda harus menjalankan secara online dan offline dll macam macam
Yang diperlukan sebenarnya hanya anda mengerti terhadap bisnis anda, perlakukan seperti kendaraan anda bisa mobil atau motor yang bisa anda kendarai untuk menuju tempat tujuan yang anda inginkan

Pilihlah kendaraan yang tepat dengan keahlian, kesenangan, dan keinginan anda, anda menyukai F1 pilihlah mobil yang sesuai... anda menyukai GP silahkan cari motor yang sesuai dan selanjutnya pelajarai cara mengendarai, mesin, ban, gigi, dll sampai anda mampu seperti schumacher

Jangan berkecil hati jika anda harus memulai start dari roadrace tingkat kampung... tapi yang paling penting adalah harus terus meningkat... terus tumbuh....dan berkembang contoh mulai dari kendaraan 100 cc 150 cc 200 cc 250 cc 500 cc dst semakin anda berlatih maka semakin handal dalam mengendarai kendaraan anda

TIPS MEMBANGUN NETWORK MARKETING

SENI MEMBANGUN ORGANISASI MLM

Setelah Anda melakukan sekian banyak presentasi, kini grup Anda mulai berkembang. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis MLM adalah merekrut tanpa membina. Misalkan Anda sudah merekrut 10 orang lalu Anda tinggalkan begitu saja tanpa melakukan pembinaan kepada mereka. Jika Anda melakukan hal ini maka otomatis akan terduplikasi ke dalam jaringan Anda, hasilnya adalah grup Anda tidak akan berkembang secara cepat dan volume penjualan pun kecil. Saya bahkan pernah melihat seorang distributor MLM yang grupnya mencapai 100 orang lebih namun volume penjualannya kecil sekali. Hal
ini karena dia pandai merekrut saja tanpa melakukan pembinaan kedalam.

Untuk mencegah kejadian diatas, Anda sebagai seorang pemimpin dalam organisasi Anda harus juga melakukan pembinaan. Hal-hal yang harus Anda lakukan adalah :

BEKERJA DI KEDALAMAN
"Wide for Wealth, Deep for security". Ini adalah rumus untuk membangun organisasi MLM Anda. Artinya adalah dengan mensponsori semakin banyak frontline dan juga semakin dalam organisasi Anda maka pendapatan yang diraih akan semakin besar dan organisasi Anda akan semakin stabil.

Jadi ketika Anda bergabung ke dalam MLM maka secepatnya mensponsori 10 orang frontline. Dari 10 orang frontline tersebut biasanya ada 1-2 orang yang aktif menjalankan bisnis ini. Ajari mereka untuk mensponsori 10 orang juga dengan membantu mereka melakukan 2-3 kali presentasi di rumah mereka sampai mereka bisa melakukannya sendiri. Dari 1-2 orang tersebut nantinya akan menghasilkan beberapa distributor baru yang aktif (distributor inti) dalam grup Anda. Nah kepada distributor baru yang aktif itulah Anda juga akan bekerja sama membangun lagi kedalaman.

Misalkan downline Anda yang bernama si A berhasil merekrut 10 orang frontline. Dari 10 orang tersebut misalnya ada 1 orang distributor inti yang bernama si B. Maka Anda tidak perlu lagi membantu si A karena si A sudah mandiri tapi bantulah si B mensponsori 10 orang juga. Pada saat Anda membantu si B melakukan presentasi, Anda bisa hubungi si A dan upline-uplinenya si A " Saya akan melakukan presentasi di rumah si B pada tanggal sekian. Dia adalah termasuk downline Anda juga dan Saya ingin mengundang Anda ke rumah B untuk mendukung si B. Anda boleh membawa maksimal 1 orang karena tempatnya terbatas. Oke, sampai jumpa di rumah B" Hasilnya adalah di
rumah B akan hadir 3-4 orang yang diundang oleh B sendiri dan juga upline uplinenya si B akan membawa masing-masing 1 orang sehingga tamu yang hadir bisa banyak sekali dan akan semakin banyak orang yang bergabung !!

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah membangun keseimbangan dalam organisasi Anda. Saya menjumpai begitu banyak pebisnis MLM yang mengeluhkan bonusnya kecil padahal downlinenya sudah hampir mencapai ribuan. Setelah diteliti ternyata Ia hanya punya 1 kaki yang aktif. Di bisnis MLM Anda sama sekali tidak bisa hanya mengandalkan 1 kaki yang aktif karena berarti Anda hanya `mengandalkan' kerja kaki tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah kembangkan organisasi Anda di kaki yang lain.

Omset Pribadi
Organisasi yang besar tanpa adanya volume/omset produk yang terjual adalah suatu kesia-siaan. Banyak distributor MLM yang lalai akan hal ini. Mereka cukup puas melihat jumlah downlinenya yang banyak tapi tidak memperhatikan omset
grupnya.

Untuk memiliki omset grup yang besar HARUS dimulai dari diri Anda sendiri.
Apakah Anda memakai produknya setiap bulan. Apakah Anda sudah
memiliki pelanggan tetap. Ingatlah bahwa bisnis MLM adalah bisnis duplikasi. Jika Anda sebagai upline tidak belanja tiap bulan maka downline Anda pun akan mengikuti hal yang sama akibatnya adalah omset grup Anda kecil dan bonus pun kecil. Cukup banyak distributor yang baru berencana belanja jika grupnya sudah besar atau bonusnya sudah mencapai diatas nilai tutup point belanja. Yang lebih parah adalah adanya anggapan jika mereka belanja maka uplinenya yang untung. Ingatlah bahwa meskipun Anda belanja di supermarket semuanya akan memberikan keuntungan kepada pemiliki perusahaan tersebut. Anda belanja di warung maka keuntungan adalah buat si pemilik warung. Sama saja bukan. Jika Anda belanja di perusahaan MLM maka keuntungan tidak hanya untuk perusahaan dan upline tapi juga.... DIRI ANDA! Ya! Keuntungan akan berbalik kepada diri Anda jika Anda mau membiasakan diri belanja tiap bulan dan
mengajarkan hal yang sama pada downline Anda. Jadi secara matematis jelas lebih menguntungkan belanja pada perusahaan MLM ketimbang belanja di toko tradisional.

TIPS MENINGKATKAN OMSET GRUP

::: Menjadi Pemakai :::
Jadilah pemakai setia produk MLM Anda tiap bulannya. Lakukan
belanja sesuai jumlah tutup point yang disyaratkan perusahaan
atau direkomendasikan oleh grup bisnis MLM anda.

::: Mencari Pelanggan ::: 
Carilah pelanggan. Dengan Anda memiliki pelanggan tetap yang
terus memakai produk Anda maka keuntungan eceran akan Anda
dapatkan dan omset pun tidak akan kosong. Jika produk MLM Anda
dirasakan agak mahal maka mencari pelanggan juga merupakan
solusi bagi Anda yang tidak bisa tutup point karena
terbatasnya keuangan Anda.


::: Pengembangan Kepribadian :::
Mengembangkan organisasi MLM memerlukan kepribadian yang supel
dan kokoh.Sebab semasa membangun organisasi ini Anda akan menemui orang
dengan banyak karakter dan sifat yang berbeda-beda. Anda akan
bertemu dengan orang yang sangat menyenangkan dan antusias mau
bergabung dengan Anda tapi juga tidak jarang Anda akan bertemu
dengan orang yang menolak bergabung dengan Anda hingga
mengejek Anda, downline yang sulit untuk dimotivasi, downline
yang sulit untuk diajari dan lain sebagainya. Untuk
mengembangkan kepribadian Saya sarankan Anda membaca buku-buku
positif seperti berikut :

- Berpikir dan Berjiwa Besar (David. J Schwarzt)
- Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain (Dale
Carnegie)
- Berani Gagal (Billi PS Lim)
- The Art of Dealing with People (Les Giblin)
- Berpikir dan Menjadi Kaya (Napoleon Hill)
- Seni Berbicara (Larry King)

Atau Anda bisa juga mendengar kaset-kaset/VCD motivasi yang
banyak dijual di toko buku atau kaset-kaset/VCD kisah sukses
pebisnis MLM yang berasal dari perusahaan Anda. Dengan membaca
buku dan kaset positif Anda akan memiliki kepribadian yang
menarik dan Anda akan tahu bagaimana berkomunikasi dengan
orang lain. Segagal apapun Anda di bisnis MLM kalau Anda mau
mempraktekan pengembangan pribadi ini maka Anda tetap akan
mendapat manfaat berupa kepribadian yang lebih baik. Saya
sendiri pernah gagal di MLM sebelumnya namun meski gagal Saya
akhirnya memiliki kemampuan berhubungan dengan orang lain
secara lebih baik dan kemampuan berbicara di depan banyak
orang karena seringnya melakukan presentasi.

Pengembangan kepribadian penting untuk dipelajari karena
bisnis MLM adalah bisnis yang berkaitan erat dengan hubungan
antar manusia (human relationship). Semakin terampil Anda
berhubungan dengan orang lain maka organisasi bisnis Anda akan
semakin besar.

::: Duplikasi :::
Bisnis Anda akan terduplikasi secara otomatis jika Anda telah
melakukan hal-hal yang diajarkan di Training Online ini.
Downline Anda akan melihat dan melakukan apa yang telah Anda
lakukan. Segala kebiasaan Anda, sikap, etos kerja, omset pri-
badi/grup dan kepemimpinan Anda dalam membangun organisasi
akan di ikuti oleh downline Anda. Saya menyarankan agar down-
line Anda juga membaca Training Online ini karena segala hal
yang diajarkan dalam Training ini juga akan terduplikasi.

Membangun organisasi MLM memerlukan keterampilan tersendiri
dimana Anda tidak hanya merekrut orang saja namun juga membina
mereka dengan membantu membentuk kedalaman, memelihara dan
meningkatkan omset penjualan produk serta meningkatkan
kepribadian diri agar lebih luwes dalam berhubungan dengan
orang-orang dalam organisasi Anda. Jika Anda sudah melakukan
langkah diatas, duplikasi akan berjalan otomatis.

TIPS MEREKRUT

1. Jangan berprasangka buruk bahwa seseorang tidak akan tertarik dengan MLM
2. Ajukan Pertanyaan dan dengarkan
3. Berhati-hatilah, jangan sampai mengganggu privasi orang
4. Ketika menelpon guna mengundang prosppek ke suatu pertemuan, jangan berusaha mengajak bergabung
5. Simpatilah, jangan lupa senyum ketika bertemu
6. Buang pikiran negatif sebelum bertemu atau menelpon
7. Tunjukkan kegairahan
8. Tatap mata prospek
9. Bicarakan hal-hal penting saja
10. Libatkan prospek ke dalam berbagai kegiatan, bantu prospek cara membangun organisasi yang efektif
11. Berikan pertolongan spontan, ajak ngobrol, dan masukkan ke pembicaraan MLM pada saat yang tepat
12. Tinggalkan kartu nama
13. Mintalah register di web support anda
14. Kontaklah secara berkala dengan memberikan informasi-informasi yang aktual tentang perkembangan bisnis anda

NETWORK MARKETING SEBUAH ASET

Dalam Bukunya "Rich Dad's The Business School For People Who Like
Helping People" Robert T. Kiyosaki meramalkan adanya tren perubahan
tatanan ekonomi dunia yang digerakan oleh industri pemasaran jaringan.
Mengapa demikian? Berikut ini alasannya:

1. Orang menginginkan kebebasan
Hilanglah sudah masa di mana orang mulai bekerja pada usia 25 dan
tetap di situ seumur hidup…melakukan seperti apa yang diperintahkan
untuk dilakukan guna mempertahankan pekerjaan mereka. Kini orang ingin
lebih bergerak, memiliki lebih banyak pilihan, dan lebih banyak
kebebasan untuk menjalankan hidup sesuai dengan persyaratan mereka.
Bisnis pemasaran jaringan paruh waktu memungkinkan orang lebih dapat
mengendalikan hidup mereka dan akhirnya lebih banyak kebebasan. Ia
memberikan biaya masuk yang rendah dan sistem siap pakai bagi
orang-orang yang ingin sekali melakukan perubahan.

2. Orang ingin menjadi kaya
Pada generasi orang tua kita aturannya mengatakan kalau anda bekerja
keras, semakin anda tua, semakin banyak anda dibayar. Anda mendapatkan
uang lebih banyak melalui kenaikan gaji. Dan ketika anda mendekati
akhir hidup anda, anda akan berkata, "Ketika saya pensiun, penghasilan
saya akan menurun." Dengan kata lain, asumsi bagi orang tua kita
adalah anda bekerja keras seumur hidup dan pensiun miskin.

Sekarang ada orang berumur 25 tahun yang tidak pernah mempunyai
pekerjaan tetapi telah menjadi milyader dengan membangun piranti lunak
komputer. Pada saat yang sama, ada orang yang berumur 50 tahun sedang
mencari pekerjaan dengan berharap mendapatkan penghasilan
$50.000/tahun. Yang lebih buruk lagi, orang yang berumur 50 tahun ini
hanya mempunyai sedikit atau tidak mempunyai uang sama sekali yang
dapat disisihkan untuk pensiun dan mungkin tidak bisa pensiun. Orang
berumur 50 tahun ini tidak memerlukan pekerjaan. Orang ini memerlukan
cara untuk menjadi kaya dan memperoleh tingkat penghasilan yang
terus-menerus sepanjang sisa hidupnya. Perusahaan pemasaran jaringan
memberikan kesempatan ini dengan memberikan pendidikan, pembimbingan,
dan sistem bisnis untuk membantu orang berumur 50 tahun ini membangun
bisnis B-nya sendiri.

Pada tahun 2010 , yang tidak terlalu lama lagi, orang pertama dari 75
juta baby-boomers (orang yang lahir pada masa ledakan bayi setelah PD
II) di Amerika akan mencapai usia 65. Banyak yang akan masuk ke
pemasaran jaringan sebagai cara untuk membangun jaminan seumur hidup
yang tidak diberikan oleh pekerjaan mereka. Disamping itu, seseorang
yang dengan sukses membangun bisnis pemasaran jaringan mempunyai
potensi untuk masuk dalam peringkat ultrakaya di dunia…jauh lebih
kaya dibanding para profesional yang berpendidikan tinggi seperti dokter,
pengacara, insinyur…dan jauh lebih kaya dibanding banyak bintang
olahraga, bintang film, dan bintang rock. Dengan semakin dekatnya tahun
2010, banyak orang yang sudah berada dalam bisnis pemasaran jaringan
akan sangat beruntung ketika jutaan baby-boomer bergabung.

3. Portofolio pensiun pribadi akan dihapuskan
Belum pernah terjadi dalam sejarah dunia begitu banyak orang
mempertaruhkan masa pensiunya pada pasar saham. Ini adalah resep bagi
bencana finansial. Pada tahun 2010, juga ada kemungkinan kuat bahwa
pasar saham AS akan kolaps, kalau tidak terjadi cepat. Kalau hal ini
terjadi jutaan orang yang mengandalkan pasar saham dan sejenisnya
tidak akan menikmati masa pensiun menyenangkan yang mereka impikan.

Kalau hal ini pernah terjadi, jutaan orang akan mencari jaminan
finansial lainya, seperti membangun bisnis B yang dapat diberikan oleh
bisnis pemasaran jaringan.

4. Lebih banyak orang akan sadar
Dengan semakin dekatnya tahun 2010, lebih banyak orang akan sadar
bahwa Era Industri sudah berlalu dan aturan main sudah berubah untuk
selama-lamanya.

Pada tahun 1989, ketika tembok Berlin runtuh dan World Wide Web
dibangun, aturan dunia berubah. Banyak sejarahwan menyatakan bahwa Era
Industri sudah berakhir dan Era Informasi dimulai. Pada Era Industri,
aturannya adalah anda bekerja keras dan perusahaan serta pemerintah
akan mengurus anda. Pada Era Informasi, aturannya adalah anda akan
mendapatkan yang terbaik dengan mengurus diri sendiri.

5. Kesadaran dunia
Pada tahun 2010, saat baby-boomer Amerika mengakhiri peningkatan pesat
ekonomi, sekelompok lain baby-boomer akan menjadi sadar di Asia.
Ketika akhir peningkatan ekonomi bergeser dari Amerika ke Asia,
orang-orang di perusahaan pemasaran jaringan internasional akan berada
dalam posisi bergerak mengikuti tren ini saat teman-teman dan para
tentangga mereka takut diberhentikan dari pekerjaan. Dengan kata lain,
di Era Informasi, orang yang bersaing mendapatkan pekerjaan anda
mungkin tidak tinggal di kota atau di negara anda. Dalam Era Informasi
orang yang mencari pekerjaan anda mungkin tinggal di Pakistan dan
merasa senang dengan gaji $20 per hari, bukanya $20 per jam dengan
tunjangan.

"Ketika orang mendapat banyak uang, mereka sering berpikir IQ mereka
meningkat. Saat orang mendapat uang, mereka berpikir bahwa mereka
lebih cerdas tetapi mereka mulai melakukan hal-hal yang bodoh.
Bukannya IQ mereka meningkat, IQ mereka sebenarnya menurun dan
kesombongan mereka naik dengan cepat." Kalau anda melihat apa yang
terjadi dengan pemenang undian atau bintang olahraga yang tiba-tiba
mendapat banyak uang, anda akan mengetahui bahwa pernyataan ayah kaya
saya memiliki validitas.

Bebicara tentang kesombongan vs kecerdasan. Dengan kata lain, banyak
orang Amerika mabuk dan berpesta hingga jauh malam karena peningkatan
pesat ekonomi ini. Saat saya menulis, kebocoran gelembung ekonomi
mulai terlihat. Perusahaan-perusahaan dot com mulai kolaps dan
investor saham yang melambung tinggi mulai mencari tempat berlindung
pada saham yang lebih bernilai tradisional. Ketidakstabilan pasar
saham saat ini sedang diamati amat cermat. Bila peningkatan pesat ini
berakhir, banyak orang bijaksana dalam merencanakan masa depan akan
mulai menyadari betapa pandainya mereka memasuki bisnis pemasaran
jaringan sebelum peningkatan pesat berakhir.

6. Kebangkrutan mungkin tak pernah datang
Mungkin Sejarah tidak berulang sendiri. Mungkin kestabilan saat ini
akan menjadi stabil dan peningkatan pesat ekonomi akan berlangsung
selamanya. Mungkin orang-orang yang melihat kebijaksanaan bisnis
pemasaran jaringan akan salah. Mungkin secara pribadi bertanggung
jawab atas hidup dan kesejahteraan seseorang adalah salah. Mungkin
mengharapkan pekerjaan anda, pemerintah, dan pasar saham yang akan
menguras anda adalah hal yang benar untuk dilakukan. Mungkin cara
terbaik untuk mendapatkan jaminan finansial adalah meminjam uang dan
mempertaruhkan masa depan finansial anda pada pasar saham. Mungkin
mempertaruhkan masa depan anda pada keberuntungan bukannya pendidikan
yang terus-menerus adalah sesuatu yang pandai dilakukan…tetapi saya
kira tidak.

Sebagai orang Amerika yang berpergian ke seluruh dunia, saya melihat
persoalan dengan orang Amerika adalah bahwa kita cenderung untuk hidup
dalam akuarium ikan. Dunia dapat melihat ke dalam tetapi banyak orang
Amerika memilih untuk tidak melihat keluar. Dunia menonton acara TV
Amerika. Tetapi berapa banyak di antara kita yang pernah menonton
acara TV di India, Cina, atau Korea? Sangat banyak orang Amerika tidak
melihat betapa cepatnya bagian dunia yang lain mengerti Ide
Kapitalisme…bahkan orang Komunis sedang menjadi Kapitalis saat ini.
Sangat banyak orang Amerika menjadi lemah, malas dan mengharapkan
bahwa hidup dengan pekerjaan bergaji tinggi dan uang yang mudah
diperoleh akan berlangsung terus…dan mudah-mudahan bagi mereka akan
demikian…tetapi saya rasa tidak.

Sepanjang sejarah, kebangkrutan mengikuti semua peningkatan pesat.
Berita itu mungkin berita buruk banyak orang. Namun itu juga menjadi
berita baik bagi yang lain. Salah satu keunggulan beberapa bisnis
pemasar jaringan adalah bahwa dunia adalah wilayah kita. Kalau anda
mempunyai bisnis pemasaran jaringan internasional, kebangkrutan
ekonomi bisa menjadi berita baik bagi anda sebagaimana halnya dengan
peningkatan pesat ekonomi. Dan jika anda dapat melihat semua
peningkatan dan semua kebangkrutan sebagai berita baik, itu adalah
berita baik bagi jiwa anda dan bagi masa depan finansial anda.

NGGAK FOKUS = GAGAL

Saya banyak sekali teman yang mempunyai bisnis berbasis MLM lebih dari satu, jika jumlahnya 2 masih cukup wajar, tapi jika sudah lebih dari dua atau bahkan hampir setiap bulan nambah bisnis baru maka cara yang dilakukan tersebut akan sangat beresiko. Berbisnis MLM atau network marketing diperlukan loyalitas dalam periode waktu tertentu, hal tersebut untuk menjaga hubungan antara upline dengan downline. Hubungan tersebut jika bisa dibangun terus dari waktu ke waktu maka lama kelamaan kinerja team akan sangat padu dan synergi, karena akan terbentuk visi dan misi yang sama

Untuk fokus diperlukan kekuatan untuk tetap bertahan, tetap mensupport jaringan. Coba anda bayangkan jika anda mempunyai upline ternyata sudah menjalankan bisnis lain? bagaimana perasaan anda? tentu kecewa.... dan ingin keluar dari posisi anda saat ini. Walau secara perjanjian tidak ada keharusan bahwa upline kita tidak boleh menjalankan bisnis lain.

Bisnis baru belum tentu bagus, jangan mudah tergiur dengan jargon-jargon yang sangat mudah, income berlimpah, jadi leader, jadi yang pertama, dll
Ingat, menjadi leader tidak harus yang pertama. Jika anda jadi yang pertama tapi terus menerus keluar masuk berbagai bisnis berarti anda bukan leader. Istilah leader yang tepat justru terletak pada jiwa dan komitmennya terhadap bisnis dan jaringannya bukan pada posisinya.

Banyak sekali pebisnis online jatuh karena tidak fokus, mengerjakan setengah-setengah dan keluar, cari bisnis baru lagi, dan begitu seterusnya, yang pada akhirnya akan berputar-putar dalam posisi tersebut yakni posisi awal atau step pertama orang menjalankan bisnis. Pada posisi tersebut biasanya orang banyak menghabiskan waktu dan uang.

Jika anda ingin sukses, persempit/perpendek step tersebut, segera cari bisnis yang pas buat anda, segera temukan dan jalankan dengan serius. Menjalankan bisnis dengan serius tidak harus dengan waktu yang lama, cukup dengan 1-2 jam saja minimal 2 hari sekali, dan terus kerjakan disela sela waktu luang anda. Langkah berikutnya adalahBertahan, tapi bukan bertahan dengan duduk diam, melainkan bertahan dengan terus belajar, terus mencari terobosan, dan terus meningkatkan kemampuan sesuai dengan karakter bisnis yang anda jalani.

Langkah berikutnya yakni Penuhi Target, dalam bisnis apapun tentu ada target pencapaian, misal 1 bulan rekrut 1 orang atau 1 bulan jual 1 barang, disesuaikan dengan kemampuan dan waktu anda
Langah terakhir yakni Melakukan Evaluasi, anda harus evaluasi setiap langkah yang telah anda lakukan, perbaiki dan terus perbaiki caranya bisa beraneka ragam, dari membaca buku, ebook, konsultasi dengan upline, aktif di mailist/forum, dll
Sekali lagi kunci sukses anda yang pertama adalah FOKUS, FOKUS, FOKUS, FOKUS, dan FOKUS

Selamat Mencoba

LANGKAH AWAL MENUJU SUKSES

Kata sukses bagi setiap orang mengandung arti yang berbeda-beda. Ada yang mendefinisikan sukses apabila ia berhasil bebas secara finansial. Ada juga yang mendefinisikan sukses jikalau ia berhasil menjadi pimpinan sebuah 
perusahaan. Ada pula yang mendefinisikan sukses jikalau ia memiliki keluarga bahagia. 

Lalu, apakah definisi Sukses itu sendiri bagi Anda? 

Sebelum Anda bisa mencapai kesuksesan Anda secara pribadi, Anda harus terlebih dahulu tahu apakah itu kesuksesan bagi diri Anda... 

Apakah impian Anda yang ingin Anda wujudkan? Apakah target terdekat Anda? Apakah target jangka panjang Anda? 

Saya ingin Anda untuk merenungkan diri Anda sejenak dan memikirkan apa yang ingin Anda capai dalam hidup Anda. 

Percayalah, Anda sedikitnya berhutang terhadap diri Anda sendiri untuk melakukan hal ini... Apa saja yang ingin 
Anda dapatkan untuk mendapatkan kesuksesan? 

Seperti sebuah permainan memanah, Anda dapat memanah kemana saja.. namun Anda baru mendapatkan poin penuh ketika Anda berhasil memanah tepat di tengah lingkaran target. 

Jikalau Anda belum pernah mendefinisikan 'target' tersebut, kemanakah selama ini Anda melangkah? Apakah Anda menembakkan panah ke arah yang tidak jelas selama ini? 

Oleh karena itu, buatlah list impian Anda terlebih dahulu, rasakan kebahagiaan Anda ketika Anda berhasil mencapai impian tersebut... Ketika target tersebut sudah ada, Anda baru bisa memfokuskan energi Anda ke arah yang jelas. 

Namun... apapun impian Anda dan target Anda untuk menuju kesuksesan, langkah yang satu dibawah ini tidak dapat Anda lewati... yaitu 

"Berani Menjadi Sukses" 

Itulah langkah awal Anda untuk menjadi sukses.. Banyak sekali orang-orang yang ingin sukses terbentur pada mindset yang ada di dalam dirinya.. Anehnya, mereka TAKUT sekali untuk menjadi sukses. 

Takut bukanlah hal yang buruk, namun jikalau rasa takut itu Anda biarkan untuk mengkonsumsi hidup Anda, maka Anda tidak akan hidup dengan bahagia.. Anda tidak akan dapat meraih segala impian Anda. 

Maka, langkah pertama Anda adalah : 
Patahkan ketakutan Anda untuk menjadi sukses... Berdiri tegak dan katakan kepada diri Anda sendiri,"Saya berhak untuk menjadi sukses!" 

Setiap kali Anda takut untuk melangkah.. Ingat kembali akan komitmen Anda untuk menjadi sukses dan jadilah berani. 

Lalu, bagaimana langkah selanjutnya? 

Selanjutnya, Anda harus memiliki informasi yang terbaik untuk menjadi sukses. 

Anda harus belajar bagaimana caranya.. 

Seperti Anda mungkin sering mendengar orang berkata.. Practice makes perfect (Banyak berlatih membuat sempurna).

TETAPI 

Wrong Practice makes wrong perfect (Banyak kesalahan berlatih juga membuat banyak kesalahan yang sempurna). 

Dengan tidak memiliki informasi yang tepat untuk menjadi sukses.. Anda akan menjadi orang yang banyak melakukan kesalahan secara sempurna. 

Dalam keadaan itu, Anda akan merasa sukses itu sangat sulit untuk diraih... Padahal, jikalau saja Anda tahu informasi yang tepat.. Sukses itu adalah hal yang mudah untuk diraih! 

KESALAHAN-KESALAHAN MEMULAI KARIR DI NETWORK MARKETING

Anda pasti sering mendengar betapa banyak kisah sukses di dunia MLM, dimana 
seorang yang asalnya betul-betul bangkrut kemudian dalam waktu yang sangat 
singkat dalam hitungan bulan tiba-tiba menjadi 'super star' dan menghasilkan 
sebuah kisah sukses dengan penghasilan hingga puluhan atau bahkan ratusan juta perbulan! Kemudian Anda didepan cermin melihat 'seorang' yang sudah tahunan menggeluti bisnis MLM dan status keuangan 'orang tersebut' tidak lebih baik dari sewaktu pertama memulainya. Ya, orang tersebut adalah Anda sendiri.

Kini Anda bertanya-tanya, apakah Anda bisa mempercayai kisah-kisah sukses yang dulu membuat Anda tertarik dengan bisnis ini.

Kenyataannya adalah sederhana: kisah-kisah sukses tersebut bukan sekedar Legenda atau khayalan. Apabila Anda belum mencapainya hampir dapat dipastikan Anda telah melakukan 1 atau semuanya "7 Kesalahan Terbesar di Awal Karir MLM Anda."

OK, kini saatnya Anda instropeksi dan mengoreksi kesalahan-kesalahan tersebut:

1.Anda Menganggap MLM Sebagai Bisnis yang Tidak Perlu Kerja Keras.
Apakah MLM sebuah bisnis yang konsepnya sangat sederhana? Ya. Apakah cukup bekerja seadanya untuk mencapai sukses di dunia MLM? tidak, tidak dan tidak! Sebagian besar pelaku MLM beranggapan bahwa mereka dapat bergabung dengan bisnis MLM dan beberapa bulan kemudian mereka telah mendapatkan bonus puluhan juta perbulan tanpa bekerja keras. Hal tersebut sama sekali tidak benar. Para distributor sukses MLM yang telah menikmati bonus bulanan hingga ratusan juta akan mengatakan: Anda harus bekerja keras dan cerdas dengan system yang ada dan penghasilan Anda bisa mencapai puluhan bahkan ratusan kali.

Seorang teman yang kini bonusnya sudah mencapai ratusan juta perbulan 
mengatakan: "Saya mengerjakan bisnis ini bukan hanya dengan keringat, tapi juga darah dan air-mata?" Katanya menggambarkan penderitaan yang bertubi-tubi diawal karir MLM-nya. "Sukses saya memang adalah suatu berkah, tapi bukan sama sekali bukanlah suatu kebetulan. Saya merencanakannya dari dulu dan mengerjakan apapun untuk mencapainya" 

Jadi Anda harus menyadari bahwa bisnis MLM adalah suatu bisnis yang harus Anda kerjakan dengan penuh komitmen. Bedanya dengan pekerjaan konvensional adalah Anda kini yang menentukan sendiri seberapa tinggi Anda ingin sukses dan Anda tidak perlu repot memulainya, sebab perusahaan MLM sudah menyediakan semua system: manajemen, produk, system bonus, dan training.

Kerja keraslah yang menjamin Anda sukses. Saya yakin Tuhan setuju dengan pendapat saya.


2.Anda Tidak Memiliki Target yang Jelas!
Kenapa Anda bergabung dengan perusahaan MLM? Apa yang Anda inginkan? Berapa bonus yang Anda ingin hasilkan?

Jawaban UMUM dari 3 pertanyaan diatas umumnya adalah:
- Ingin dapat uang
- Bonus yang besar
- Sebanyak-banyaknya.

Dengan pengertian dan jawaban seperti itu, berapa kira-kira bonus yang akan Anda hasilkan? Tidak banyak. Ingat, MLM adalah suatu bisnis dan Anda harus mempunyai target yang jelas untuk sukses dalam suatu bisnis. Cukup masuk akal bukan? Anda harus tahu berapa bonus yang ingin Anda dapatkan 6 bulan, 1-2 tahun yang akan datang dst. Apa yang Anda lakukan dengan bonus-bonus tersebut: membeli BMW 325i baru warnah merah? Mengajak keluarga berwisata? Lalu kenapa 95% orang tidak memiliki target yang jelas? Karena umumnya orang takut untuk membuat suatu target. "Bagaimana kalau tidak tercapai?" Begitu umumnya pikiran 95% orang. Itu sebabnya 95% orang tersebut tidak puas dengan hidup mereka 95% orang tidak merasa mereka telah mencapai sesuatu yang dapat mereka banggakan. Sekarang mari kita analisa: seandainya Anda mencanangkan suatu target dan memang tidak tercapai, apakah kesehatan Anda terganggu? Apakah orang-orang yang Anda cintai tiba-tiba meninggalkan Anda? 

Herman, seorang distributor MLM yang bekerja sebagai pegawai lapangan disebuah perusahaan mainan mengatakan kepada semua temannya bahwa 3 bulan kemudian dia akan dapat membeli sebuah sedan baru. Bahkan dia memberikan deskripsi yang jelas tentang warna, jenisnya dan harganya. Teman-teman mereka tertawa sewaktu mendengarkan 'komitmen' tersebut. Dan mereka tertawa lebih terbahak-bahak sewaktu akhirnya Sonny barusan mendapatkan 'komitmennya' 3 bulan lewat 10 hari. "Ha..ha..ha..kamu terlambat kan mendapatkan mobil ini?" olok mereka. Dengan tersenyum, Sonny menjawab: "Memang saya terlambat hampir 10 hari dari target saya, tapi paling tidak sekarang saya punya mobil baru. Jauh lebih baik dari 3 bulan yang lalu saya harus naik bis ke tempat kerja. Bagaimana dengan kalian sendiri? Kalian memang tidak terlambat mencapai target apapun karena anda TIDAK memiliki target apapun?. Sampaikan salam saya untuk kondektur bis yang biasa kita jumpai setiap pagi." 

Kami yakin Anda pun akan mengatakan dan merasakan suatu kebanggaan apabila Anda adalah Herman.

Kunci dari suatu keberhasilan adalah Anda harus memiliki suatu target yang jelas apa yang Anda inginkan dari bisnis MLM Anda. Brian Tracy seorang konsultan pengembangan SDM terkemuka di dunia dalam bukunya "21 rahasia untuk menjadi Multi Milyader" mengatakan: "Rahasia pertama untuk menjadi multi-milyader adalah BERMIMPI IMPIAN YANG BESAR (dream big dreams)."

Koreksi: Bertanyalah kepada diri Anda: berapa bonus atau apa yang harus Anda 
miliki untuk sekarang menjadi 'happy'? Dengan kata lain, begitu Anda memulai 
bisnis MLM, Anda harus segera memikirkan apa yang ingin Anda hasilkan dari 
bisnis Anda: keliling dunia? Beli mobil dan rumah mewah?


3.Anda Tidak Memiliki Dana Operasional yang Memadai
Meski bisnis Triple-s hanya alih belanja namun sangat disarankan agar Anda punya lebih sedikit uang lagi untuk membeli buku motivasi, formulir, bikin brosur, hadiri pertemuan dll. 

Apakah berarti bisnis MLM adalah bisnis yang mahal untuk memulainya? Tentu saja tidak. Coba bandingkan dengan bisnis lainnya. Untuk memulai berjualan bakso saja, misalnya, Anda pasti butuh sekitar Rp. 5.000.000,- untuk membeli gerobak dorong, bahan pokok, dll. Dan berapa lama kira-kira Anda bisa mengembalikan modal tersebut?

Koreksi: Anda sebaiknya memulai bisnis MLM tidak dengan modal kosong. Paling 
tidak Anda harus memiliki penghasilan tetap untuk menghidupi kebutuhan minimal Anda sehari-hari entah dengan bekerja atau ambil untung dari berjualan produk Triple-s. Jangan sampai Anda menghabiskan tabungan Anda untuk 
mengerjakan bisnis MLM yang mungkin baru membuahkan suatu penghasilan 1 tahun berikutnya.


4.Anda Tidak Mempunyai Mentor yang Patut Ditiru
Walaupun banyak cara untuk mencapai sukses, tapi alangkah bagusnya apabila ada yang mengajarkannya kepada Anda sehingga Anda tidak perlu susah-susah untuk menemukannya sendiri. Seorang pakar pengembangan kepribadian ternama didunia Anthony Robbins mengatakan: "Buat apa susah-susah mencari jalan, karena sudah banyak orang lain yang melakukannya. Anda tinggal melakukan hal yang sama mereka lakukan, maka Anda akan mendapatkan hasil yang sama pula." 

Koreksi: Carilah di jajaran upline Anda siapa saja yang telah mencapai tingkat 
kesuksesan seperti yang Anda inginkan. Kemudian tanyalah bagaimana 'resep' dan strategi mereka hingga mencapai sukses.


5.Anda Terjebak Dalam "Management Trap"
Sebetulnya ada 2 macam "management trap" yang bisa menjadi penghambat utama bisnis MLM Anda. Untungnya, solusi dari masalah tersebut semuanya tergantung pada Anda sendiri. Pertama, Anda mengalami betapa sulit mensponsori seorang distributor ke Bisnis MLM Anda. Itu sebabnya begitu mendapatkan beberapa distributor, Anda sedemikian kuatir kehilangan mereka. Segala cara apapun Anda lakukan untuk 'memberikan servis' agar mereka tidak kecewa dan berhenti mengerjakan bisnis MLM Anda, mulai dari memberikan biaya operasional, downline, dll. Kita sering terpaku dengan kebiasaan mensponsori distributor baru dan memberikannya kepada 
distributor yang 'malas, diorganisasi kita dengan harapan mereka akan 
'termotivasi' untuk menjadi aktif. Berapa kali atau berapa persentase 
keberhasilannya? Paling banyak 1 atau 2 %. 

Motivasi adalah suatu sifat dari dalam diri kita sendiri, bukan dari luar. 
Sering seorang Distributor memohon 'beri saya downline dong, biar semangat.' 
Seharusnya distributor tersebut memberikan ijazah dulu kepada anaknya biar giat sekolah? Atau, sering kita mendengar distributor merengek 'upline harus bantuin downline dong, biar termotivasi untuk bekerja.' Ingat, tugas upline atau sponsor memang membantu, tapi hanya dalam hal support atau training dan bukan memberi downline, brosur uang pendaftaran, dll. 

Seorang distributor sukses mempunyai kepribadian seorang leader dari awal, bukan setelah mendapat kucuran downline dari uplinenya. Bahkan semua distributor sukses dengan bonus ratusan juta per bulan memiliki suatu kesamaan: mereka menghormati jajaran sponsor dan upline mereka, tapi mereka tidak menggantungkan bisnis mereka kepada para sponsor tersebut. "Saya lebih berkonsentrasi membina organisasi saya, sebab dari merekalah saya dapat mencapai impian saya." Ungkap Debra seorang ibu rumah tangga dengan bonus lebih dari Rp. 1 Milyar per bulan. 

"Saya jarang ngobrol dengan upline, sebab sibuk dengan downline saya. Namun saya yakin upline saya tidak keberatan." Siapa yang keberatan punya downline dengan bonus bulanan Rp. 1 Milyar???? 

Seharusnya Anda justru banyak melakukan seleksi untuk memilih dengan siapa Anda sebaiknya melakukan investasi waktu dan pembinaan. Ada pepatah klasik di MLM yang mengatakan: "Jangan mengirim anak ayam ke sekolah rajawali." Artinya semua orang memang mengatakan ingin sukses, kaya, dsb., tapi hanya sebagian kecil yang betul-betul mau bekerja sesuai dengan komitmennya.

Sebagian besar dari organisasi Anda akan terdiri dari konsumen partimer MLM 
mereka yang mengerjakan bisnis ini belum secara penuh, baik waktu maupun 
komitmen. Tapi tugas dan strategi Anda adalah membina mereka yang memiliki 
komitmen 100%, karena walaupun jumlah mereka sedikit, tapi merekalah yang akan membuat Anda "pensiun kaya". "Saya hanya bekerja dengan 5 top leader setiap bulan hanya mereka yang memberikan komitmen 100% pada bisnis ini," kata Stefanus, penghasil bonus bulanan $400,000+. "Untuk mendapatkan 5 top leader tersebut, biasanya saya harus sponsor lebih dari 50 orang dan sering bahkan saya harus meneliti hingga kedalaman jaringan saya, mereka tidak selalu di level pertama." 

Management Trap berikutnya adalah anggapan bahwa kita MEMILIKI downline kita selamanya dan seutuhnya. Seringkali tanpa sepengetahuan kita beberapa anggota downline keanggotannya 'expired' atau kadaluwarsa. Kemudian beberapa saat kemudian distributor tersebut bergabung lagi dengan sponsor yang berbeda, maka 'mantan' upline atau sponsornya menjadi marah. Ingatlah bahwa MLM adalah bisnis 'sukarela' dalam arti kita tidak bisa memaksa seseorang untuk bekerja sesuai dengan kemauan kita. Ibaratnya kita telah cerai dengan pasangan kita, apakah kita akan marah kalau dia kencan dengan orang lain? Seharusnya kita justru harus memberikan semangat agar distributor tersebut lebih sukses dengan jajaran uplinenya yang baru.

Koreksi: Pertama, buatlah suatu sistem dimana Anda bisa terus menerus 
mensponsori member baru. Ingat, New members = new blood = new life. Sponsori semuanya langsung oleh Anda hingga Anda menemukan 3-5 individual yang betul-betul komitmen untuk sukses apapun resikonya. Berikan training kepada individual tersebut. Setelah mereka mandiri dalam 2-3 bulan, carilah lagi member baru untuk menggantikan mereka yang telah mandiri. Kemudian pantaulah perkembangan para leaders Anda: diskusi, presentasi dan bila perlu beramh-tamah untuk mempererat hubungan. Ajarkan kepada mereka untuk melakukan hal yang sama terhadap para leaders mereka. Artinya, duplikasikan kepedulian Anda kepada seluruh organisasi Anda.


6.Anda Tidak Mempunyai Komitmen
Kita sering mendengar distributor MLM mengatakan: saya mengerjakan 3 perusahaan MLM dengan produk yang berbeda: food supplement, tas dan oli mobil karena saya punya pangsa pasar yang berbeda. Seharusnya distributor diatas membuka supermarket untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasarnya yang berbeda.

Kenapa distributor dengan lebih dari 1 MLM gagal di bisnis ini? Bisnis MLM 
adalah bisnis duplikasi, jadi Anda akan menduplikasikan etika dan cara kerja 
Anda kepada organisasi Anda- hal yang baik maupun hal yang buruk. Bayangkan, bila Anda mengerjakan MLM A dan MLM B, maka downline Anda dari MLM A akan mengerjakan MLM A dan MLM C. Kemudian downlinenya lagi akan mengerjakan MLM C dan MLM D. Maka akhirnya Anda tidak memiliki organisasi yang berjalan sesuai dengan sistem.

'Saya akan komit ke satu perusahaan kalau bonusnya sudah besar?." Begitu kira-
kira alasan klasik distributor. Tapi pernahkah kita berpikir:'Bonus teman saya 
besar karena selama ini komit hanya ke satu perusahaan?'

Dari 100 penghasil terbesar MLM yang pernah dipublikasikan oleh Upline Magazine, tidak seorangpun dari mereka yang mengerjakan lebih dari 1 perusahaan.

Selain komitmen terhadap satu bisnis MLM, Anda juga perlu komitmen terhadap 
target Anda sendiri. Istilahnya: It's now or never!

Target yang jelas (Kesalahan no. 2) dan komitmen sebetulnya merupakan satu 
kesatuan yang saling mendukung. Kadang-kadang kita merasa frustrasi dengan 
perkembangan bisnis kita, tapi selama kita tetap berkomitmen untuk mencapai 
target, kita akan kembali bersemangat.

Koreksi: Jangan memulai bisnis MLM di lebih dari 1 perusahaan karena Anda tidak akan fokus dan bertanyalah pada diri Anda, apa yang Anda bersedia lakukan untuk mencapai semua target Anda? Kemudian jangan menyerah sebelum target tersebut tercapai.


7.Anda Tidak Belajar Untuk Sukses dan Mandiri
Kemampuan apa saja yang Anda perlukan untuk sukses dalam bisnis MLM? Atau lebih tepat, apa saja yang harus Anda lakukan? Cukup sederhana:
a. Konsumsi produk-produk MLM Anda, jadilah "product of the products"
b. Lakukan promosi offline dengan memberikan presentasi yang optimal dan terus menerus untuk mensponsori distributor baru.
d. Lakukan promosi online untuk mensponsori distributor baru dan binalah secara offline.
c. Lakukan training kepada organisasi Anda agar menduplikasikan ke-3 hal 
tersebut diatas.

Sederhana, bukan? Tapi berapa banyak distributor yang melakukannya? tanpa 
mempercayai dan mengkonsumsi sendiri produk MLM Anda, sangatlah sulit untuk membuat orang lain mengkonsumsinya untuk jangka waktu yang panjang. Ingat, tidak semua distributor akan menghasilkan bonus yang besar di organisasi Anda.

Tapi selama mereka mempercayai dan mengkonsumsi produk, Anda akan terus 
mendapatkan bonus. Produk adalah "kunci utama" apakah Anda akhirnya akan bisa pensiun dari bisnis MLM Anda (baru system bonus yang menentukan seberapa besar "uang pensiun" Anda tersebut).

Seringkali distributor MLM tidak mau belajar bagaimana memberikan presentasi, 
apalagi training. Padahal presentasi adalah nafas hidup bisnis MLM Anda. Bahkan 
pernah sewaktu menghadiri sebuah presentasi MLM, seorang distributor mengeluh bahwa presentasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan tidak pernah berubah, jadi banyak distributor yang sudah bosan. Kami bertanya walaupun sudah sangat menduga bagaimana perkembangan organisasi MLM distributor tersebut. Jawabannya: tidak berkembang sama sekali. Jelas bahwa distributor tersebut salah kaprah dalam menerima suatu presentasi yang ditujukan untuk CALON DISTRIBUTOR, bukan untuk distributor yang sudah aktif. Bagi seorang calon distributor, presentasi seperti apapun adalah BARU.

Harvey Connors, seorang senior bisnis MLM bahkan membuat system dimana 
distributornya memberikan presentasi yang sama selama bertahun-tahun. "Anda 
bahkan harus ikut tertawa saat mendengarkan lelucon yang sama. Puluhan kali. 
Ratusan kali," katanya. Hasilnya, bonus ratusan juta perbulan dan puluhan ribu 
organisasi yang berkebang terus.

Koreksi: kembalilah ke ilmu dasar MLM, yaitu, mengkonsumsi produk sendiri, 
sponsori member baru(terus-menerus), dan duplikasikan ke-2 hal tersebut kepada seluruh organisasi Anda. Memang tidak mudah untuk sukses di MLM, tapi juga tidak serumit yang masyarakat umum perkirakan. Paling penting, kenalilah manfaat produk secara global dan bagaimana memberikan presentasi yang efektif.

Nah, kini Anda bisa menganalisa apakah Anda melakukan "kesalahan" klasik diatas? Anda sebaiknya menyadari dan mengakui kesalahan mana yang Anda lakukan dan Anda DUPLIKASIKAN. Perbaiki kesalahan tersebut dan mulailah mengerjakan bisnis MLM seperti layaknya mereka yang sukses. Dan yang terpenting, jangan Anda pernah merasa putus harapan dengan bisnis ini karena kesalahan di masa lampau. 

Anthony Robbins selalu mengatakan: "Sukses berasal dari tindakan benar, tindakan yang benar berasal dari pengalaman, pengalaman berasal dari suatu kesalahan atau bad judgement." Nah, jadi kesalahan dimasa lampau tidak ada artinya apabila Anda bersedia menyadari dan memperbaikinya.

KEKUATAN PROMO OFFLINE

Banyak pebisnis online yang melakukan kesalahan dengan mengabaikan atau melupakan promosi offline. Padahal sangat penting dan akan sangat berguna jika promosi online bisa dikombinasikan dengan promosi offline.

Cara promosi offline bisa dilakukan dengan banyak cara antara lain dengan :
1. Memasang iklan di media cetak. Bisa iklan baris, iklan mini maupun yang lebih besar.
2. Menyebarkan flyer atau brosur ke berbagai tempat seperti warnet atau tempat umum lainnya.
3. Mencantumkan URL atau alamat situs anda di kartu nama Anda.
4. Memberitahukannya secara langsung ke relasi anda dan ke setiap orang yang anda kenal.
5. Bordiran URL anda di Topi, Kaos dll.
6. Lewat Striker yang di tempelkan di mobil atau motor Anda dll.
7. Membagi-bagikan ebook yang berisi tentang produk atau jasa anda lewat disket, flash disk atau CD-Rom.
8. Memasang Iklan di Media massa elektronik seperti di Radio atau TV.
9. Melakukan home meeting
10. Memanfaatkan arisan keluarga, arisan komplek
11. Pada saat ngobrol / kenalan di terminal, bandara, angkot, mall dll
12. Memanfaatkan produk sebagai parcel, hadiah ulang tahun

Selain cara-cara di atas masih banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan tergantung kreatifitas anda dalam berpromosi, Saat ini banyak sekali pemain MLM yang murni offline tetapi daya juang mereka sangat kuat, relasi mereka sangat banyak, dan biasanya pemain seperti ini sangat loyal terhadap bisnis yang kita jalani, sangat loyal terhadap konsumsi produk kita sendiri dan jika kita bisa mengajak beberapa leader saja tentu perkembangan bisnis kita akan significant. Biasanya pemain offline perlu support lebih di pertemuan, prospek secara langsung, datang kerumah, undang kita datang kerumah prospek yang tentu lebih menguras tenaga dibandingkan cara online, tetapi inilah langkah kongrit yang mesti kita tempuh agar memacu percepatan jaringan kita.

KEKUATAN HOME MEETING

(dikutip dari How To Build Yor MLM Money Machine karangan Randy Gadge)

MLM adalah merupakan singkatan Meet Learn and Multiply, jadi sampai hari ini belum ditemukan cara yang paling efektif untuk menghasilkan omset besar selain dengan pertemuan MLM hanya bermain angka, banyak leader dari perusahaan-perusahaan terkenal menyatakan tentang kebenaran ini. Mari kita lihat apa keuntungan dari sebuah pertemuan:
Pertemuan membuat orang semangat
Membantu member yang belum bisa presentasi untuk lebih mudah mensponsori orang
Membantu para upline untuk langsung berinteraksi dengan prospek
Membuat informasi-informasi penting sampai dengan efektif dan efisien
Membuat prospek lebih yakin
Membantu member untuk mendapatkan konsultasi dengan para uplinenya
dan masih banyak lagi keuntungan di sebuah pertemuan MLM.
Jenis pertemuan juga bermacam-macam tergantung dari fungsi dan jumlah audiens yang dikumpulkan.

Pertemuan Rumah (home meeting)
Acara ini merupakan presentasi awal, biasanya upline datang ke rumah downline atau calon downline yang tertarik tapi belum yakin.
Home meeting diadakan antara 4-10 orang tamu undangan yang hadir. Home meeting yang baik adalah yang mudah diduplikasi, misalnya... tidak menyediakan makan-makan.
Beberapa orang kurang terbiasa dengan konsep "tidak makan di pertemuan" tapi percayalah kalau duplikasi ini dilakukan dari awal, maka jaringan anda akan terbiasa dengan kebiasaan yang efisien dan efektif.

Bayangkan kalau seseorang harus mengadakan Home Meeting 1 x seminggu dengan jumlah audiens 10 orang dan masing-masing makan besar dengan biaya 7.500 per orang. Berarti secara rutin member tersebut harus mengeluarkan 7.500 x 4 x 10 = Rp.300.000,-. Tanpa tahu apa hasilnya. Biaya tersebut bisa saja membuat calon downline berfikir... berarti bisnis ini mahal biayanya.
Resikonya kemudian pertemuan tersebut tidak bisa dibangun dengan rutin... padahal rumus (perkembangan jaringan) = (jumlah presentasi) x (orang yang dipresentasi) x (rasio join / kualitas presentasi).

Misalnya Pak budi (presenter dengan rasio join 10% - artinya dari 10 orang yang mendengar presentasi pak Budi pasti ada 1 yang bergabung) mengadakan presentasi rutin di rumah downlinnya yang dihadiri rutin 10 orang. Presentasi tersebut dilakukan 10 x dalam sebulan berarti pertumbuhan jaringan pak Budi adalah :
(10 orang ) x ( 10 presentasi ) x (10%) = 10 orang bergabung.
Prioritas tujuan yang benar juga membuat Home Meeting anda berjalan dengan rutin dan baik. Kalau orang baru biasanya berfikir bahwa Home Meeting adalah sarana untuk membuat orang bergabung atau membeli produk... benar tapi tidak demikian...maksud saya, home meeting dilakukan dengan tujuan yang sebenarnya jauh lebih penting dari itu, bergabung atau tidak itu hanya efeknya.

Prioritas tujuan
1. Prospek yang hadir tertarik untuk mengadakan Home Meeting serupa dirumahnya.
Kalau prospek sudah tertarik untuk mengadakan Home Meeting dirumahnya berarti 80% dia sudah bergabung, tinggal tunggu tanggal mainnya, dan yang terpenting bisnis anda akan bertumbuh lebih besar lagi. lebih baik prospek tidak bergabung tapi mau Home Meeting dari pada bergabung tapi tidak mau membuat pertemuan.

2. Prospek yang hadir tertarik untuk hadir di pertemuan yang lebih besar
Kalau prospek anda tertarik untuk hadir di pertemuan Hotel, berarti bisnis anda akan berkembang lebih besar karena orang seperti ini adalah orang yang tepat, percayalah pada saat dia memutuskan untuk bergabung dia sudah tahu apa yang harus dilakukannya. Hal ini bisa menghemat pekerjaan anda sebagai Upline.

3. Prospek bergabung dengan anda
Ini adalah prioritas terakhir dari sebuah Home Meeting, jadi jangan di tekankan di awal, jujur dari pengalaman saya dan banyak para leader MLM, seorang prospek lebih mudah diajak untuk menghadiri pertemuan daripada disuruh membayar dan membeli produk. Jadi bergabung atau tidak, yang penting pertemuan anda bisa berlanjut.

JANGAN TAKUT “TUPO”

Istilah TUPO / Tutup Point sangat populer di bisnis Network Marketing, ada yang suka dan tidak suka dengan sistem TUPO, bahkan sangat sering jadi header iklan-iklan di web iklan baris "tanpa TUPO" menjadi penarik peminat tertentu. Tetapi apakah demikian TUPO begitu menakutkan? he he .... nah mari sekarang kita bahas sedikit tentang TUPO, jika kita bicara realistis bisnis yang bisa hidup / survive dalam waktu yang lama / long term tentu sistem ini menjadi prasarat utama yang harus di jalankan. karena dengan TUPO maka produk akan laku, omzet naik, Pendapatan company naik, dan tentu bayar bonus ke member lebih lancar
Akan sangat percuma jika bisnis bagus dalam waktu yang relatif singkat, booming dan mati, karena tidak ada dana untuk bayar member. Jadi perlu diwaspadai jika ada bisnis yang mempropagandakan "tanpa TUPO" karena dimungkinkan ada praktek "Money Game" atau memutar uang pendaftar untuk gali lubang dan tutup lubang, ini pendapat pribadi saya lho ....

Lalu bagaimana menyiasati "TUPO" agar tidak menjadi beban, tidak menjadi stock yang menumpuk dirumah, dan akhirnya expire dan terbuang begitu saja, berikut beberapa tips sederhana menyiasati sebuah TUPO agar menjadi proses yang sangat menyenangkan, bukan beban seperti kebanyakan yang terjadi saat ini :

1. Cari produk yang bisa menjadi trend setter dalam masa yang relatif lama
2. Cari produk yang bisa di konsumsi harian
3. Cari produk yang pangsa pasarnya tanpa batasan usia
4. Cari produk yang anda sendiri dan keluarga menyukainya untuk di konsumsi
5. Cari produk yang kira-kira anda bisa menjualnya walau sangat sedikit
6. Cari produk yang harganya terjangkau dan mempunyai kualitas bagus
7. Cari produk yang mempunyai testimoni keberhasilan cukup banyak

Setelah anda menemukan 5 kriteria saja diatas, maka anda bisa dengan sangat menyenangkan menjalankan bisnis tersebut, tanpa adanya beban dan ketakutan untuk melakukan TUPO bulanan bahkan jika anda serius dalam waktu relatif singkat bisa "TUPO GRATIS"

BISAKAH KITA MENJADI MILYUNER MLM?

Masalah yang selalu bermain dalam benak usahawan yang baru bergabung dalam
MLM adalah: Bisakah menjadi jutawan melalui MLM? Untuk menjawab persoalan
ini, saya katakan BISA! Saya akan berikan tujuh alasan mengapa Anda bisa
menjadi kaya melalui MLM.

MLM Adalah Bisnis yang Tidak Melibatkan Perantara
Biasanya, perantara inilah yang banyak memperoleh keuntungan dan kekayaan.
Contohnya suatu barang dari pabrik bernilai Rp.5.000,00. Barang tersebut
harus melalui beberapa proses sebelum sampai ke tangan pembeli atau konsumen. Barang itu akan dibeli oleh distributor tunggal seharga Rp.6.250,00 dan distributor itu menjualnya kembali kepada pemborong dengan harga Rp.7.500,00. Seterusnya, dari pemborong sampai ke pengecer dengan harga Rp.8.750,00 dan ke tangan konsumen dengan harga Rp.10.000,00.

Dengan kata lain, konsumen menanggung segala biaya barang yang melalui
proses perantara yang terdiri dari distributor tunggal, pemborong, dan
pengecer.

Adakah konsumen yang menjadi kaya dari proses jual beli tersebut ? TIDAK.
Distributor tunggal, pemborong, dan pengecerlah yang menjadi kaya. Setiap
tahun mereka bisa membeli mobil baru. Setiap tahun mereka bisa bertamasya ke
dalam dan luar negeri.

Melalui bisnis MLM, barang dari perusahaan bisa langsung diperoleh konsumen
dengan harga sama, contohnya Rp.10.000,00. Walau begitu, barang tersebut
beredar dari satu konsumen ke konsumen lainnya melalui proses rekrutmen.
Pendapatan yang seharusnya dinikmati oleh distributor tunggal, pemborong, dan
pengecer, kini dinikmati oleh sesama konsumen melalui bonus.

Modal Kecil untuk Memulai Bisnis MLM
Jika dilihat lebih jauh, ada empat jenis usaha. Ada usaha dengan modal kecil
dan keuntungan kecil, itulah usaha konvensional. Contohnya pengusaha
kecil-kecilan, seperti pengusaha pasar malam, penjual burger, dan lain-lain.
Ada pula usaha dengan modal besar dengan keuntungan besar pula. Usaha
tersebut adalah usaha impor dan ekspor. Modal yang diperlukan tentu saja
melebihi miliaran rupiah. Ada juga usaha dengan modal besar, tetapi
keuntungannya kecil. Contohnya, membuka kios penjualan bahan bakar. Modalnya
mungkin lebih kurang Rp.250 juta dan keuntungannya tidak sampai Rp.250 juta.

Jangan lupa pula, ada usaha dengan modal kecil, tetapi keuntungannya
berlipat ganda. Itulah MLM (REVELL). Hanya dengan bermodalkan alih belanja
sekitar 130 ribu s/d 520 ribuan, keuntungan yang bisa didapat melebihi
puluhan juta rupiah. Malah ada yang berhasil mendapatkan pendapatan melebihi
ratusan juta rupiah sebulan. Itulah hebatnya bisnis MLM.

Bisnis MLM Dapat Dilakukan dengan Santai dan Menghemat Waktu
Kita semua dianugerahi Tuhan 24 jam setiap hari. Waktu yang digunakan untuk
bekerja adalah 8 jam, waktu yang digunakan untuk bersantai adalah 8 jam dan
waktu untuk tidur adalah 8 jam. Waktu untuk bekerja delapan jam, gunakan
waktu tersebut untuk melakukan hal-hal produktif di bidang apa saja untuk
pekerjaan Anda. Bekerjalah dengan penuh dedikasi dan disiplin. Waktu untuk
tidur juga delapan jam, gunakan waktu tersebut senyaman mungkin. Anda hanya
perlu mengorbankan waktu istirahat Anda yang berjumlah delapan jam.

Gunakan waktu tiga jam saja bagi Anda untuk melakukan bisnis MLM. Waktu yang digunakan itu akan memberikan manfaat besar dalam kehidupan Anda dan akan mengubah gaya kehidupan Anda sepenuhnya. Karena itu, Anda bisa menjadi kaya melalui MLM walau waktu Anda terbatas.

MLM Dilakukan Melalui Proses Penggandaan
Anda tidak bekerja sendirian. Anda menjalankan bisnis ini secara
berkelompok. Anda bisa menggandakan pendapatan bonus melalui perekrutan.
Contohnya, Anda bisa memperoleh pendapatan melebihi puluhan Juta dengan cara merekrut sampai ribuan anggota.

Perekrutan ribuan anggota bukan dilakukan oleh Anda sendiri. Anda hanya
perlu merekrut sekurang-kurangnya lima atau enam orang. Dari enam orang ini,
akan menjadi 36, 36 menjadi 216 orang, dan 216 berganda kembali menjadi 1.296 orang.

Proses penggandaan anggota tidak dilakukan oleh Anda sendiri. Penggandaan
ini dilakukan oleh downline Anda melalui proses duplikasi atau meniru upline.
Anda hanya merekrut enam orang dan akan terus berkembang dengan sendirinya
melalui proses duplikasi sampai akhirnya menjadi 1.296 orang. Karena itu,
tidak mengherankan Anda bisa menjadi kaya melalui MLM.

Anda Akan Mendapat Bimbingan dari Upline Anda
Jika upline tidak bertanggung jawab dan membimbing Anda, akan sulit bagi
mereka untuk sukses dalam bisnis MLM. MLM hanya bisa berhasil jika upline
membimbing downline untuk melakukan apa yang upline lakukan. Setiap
pengetahuan dan rahasia diberi tahu tanpa ada yang disembunyikan. Kesuksesan
downline adalah kesuksesan upline. Bahkan, jika downline berusaha lebih giat,
dia bisa memperoleh pendapatan melebihi upline. Malah ada usahawan MLM sukses menandingi uplinenya melalui pendapatan bonus setiap bulan.

Bisnis MLM Merupakan Seni Berhubungan Antara Sesama Manusia
Jangan bimbang jika Anda tidak berpengalaman dan kurang bisa berkomunikasi
dengan orang lain. Karena, upline akan memberikan pengetahuannya dan
memberikan dorongan untuk kesuksesan Anda. Anda tidak perlu bimbang jika
kurang memiliki ilmu pengetahuan karena Anda bisa belajar dari upline Anda
atau usahawan lain yang telah berhasil. Seni berhubungan inilah yang
memperlebar rangkaian bisnis MLM. Kesempatan Anda untuk menjadi jutawan
terbuka luas sama seperti orang lain.

Risiko MLM Lebih Sedikit Dibandingkan Bisnis Lain
Anda tidak rugi karena modalnya tidak besar. Bahkan, jika sukses, Anda bisa
memperoleh pendapatan lebih besar daripada pendapatan pokok Anda. Modal awal Anda pun tidak memerlukan biaya tinggi. Bahkan, Anda bisa melakukannya secara part-time. Dengan kata lain, Anda bebas bekerja sesuai dengan waktu yang Anda miliki, Anda adalah PEMIMPIN diri Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa menyalurkan produk tanpa perlu menjual dalam
jumlah banyak. Karena, barang bisa dipasarkan melalui downline Anda. Bisnis
MLM adalah bisnis promosi dan periklanan secara terus-menerus dari mulut ke
mulut. Inilah gaya periklanan yang terbaik. Semakin banyak downline yang
aktif, semakin bertambah keuntungan Anda. Risiko bisnis ini sangat rendah.

Jadi, Anda PASTI bisa menjadi jutawan MLM karena:
1. MLM tidak menggunakan perantara
2. Modal untuk memulai MLM kecil
3. Dapat dilakukan dengan santai dan menghemat waktu
4. Mendapat bonus berganda
5. Mendapat bimbingan upline
6. Memperluas hubungan sesama manusia
7. Risiko kecil

BANYAK TEMAN BANYAK REJEKI

Jika anda ingin berkarir di bisnis MLM / Network Marketing sudah
selayakanya anda membangun jejaring, kenallah siapapun sebanyak mungkin,
maintenance perkenalan anda menjadi sebuah pertemanan atau jika mungkin
sebuah persahabatan, Bisnis Jaringan bisa sangat sukses jika diawali dari sana

Cara cara mendapatkan teman bisa sangat banyak caranya, aktif di
mailist-mailist apa saja, forum-forum di internet, dari chat, teman kantor,
tetangga, temannya teman, mantan pacar, mantan tetangga, teman kantor, teman SMA, teman SMP, teman SD, teman Kuliah, teman main, sahabat pena, kenalan di bus, kenalan di bandara, kenalan di station, kenalan di kos-kosan, kenalan di jalan, kenalan di masjid, kenalan di seminar, kenalan di kursus, dll

Secara sengaja atau tidak sengaja proses pertemanan tersebut kemungkinan ada yang se-ide, dan ada yang tidak. Ada yang doyan MLM, ada pula yang Anti MLM, ada yang suka bisnis offline, ada yang suka bisnis online, ada yang suka internet marketing, ada yang suka bisnis franchise, ada yang suka money game, ada yang
suka jadi reseller, ada yang suka bisnis investasi, ada yang suka HYIP, ada yang suka PTC, ada yang suka arisan berantai, ada yang suka bisnis property, bisnis tanah, bisnis asuransi, bisnis tanaman hias, bisnis ikan hias, ada yang suka trading forex, ada yang suka adsense, ada yang suka jualan bakso, ada yang suka jualan pulsa hp, ada yang suka bisnis fotography, ada yang suka jualan roti, bisnis makanan organik, ada yang suka jualan makanan, ada yang suka jualan baju, jualan kosmetik, jualan buku, bisnis iklan baris, bisnis dari rumah, dll yang bisa menghasilkan uang, pasif income, mobil gratis, rumah gratis, tour gratis, dan income unlimited 

Jika kebetulan teman teman kita sudah menjalankan bisnis MLM lain seperti
MLM Amway, MLM revell, MLM tianshi, MLM K-link, MLM tahitian noni, MLM oxy,
MLM melia, MLM pulsa, MLM Vnet, MLM hero G, Banner store, MLM Smart NACO, BIOFIR, MLM blesstea, MLM mindtea, MLM Tasly, MLM Trica, MLM powermax, MLM DBC network, Mitra Keluarga, MLM RBC, MLM BAE, MLM Synergy wordwide, MLM HD, CJDW network, MLM Royal Circle, NUSALIFE, MGM Club, MLM KRCHING, mutiara99, GNE, CAMSMAY,
yang nota bene tidak sama dengan kita, maka kita harus tetap jaga
komunikasi, karena suatu ketika pasti bisa saling membutuhkan 

Dengan cara sederhana itu, saling menghargai dan saling memberikan
informasi tentu dengan tidak sadar akan terbentuk jejaring yang semakin hari
semakin lebar menyebar diseluruh indonesia, bahkan diluar negeri

Untuk anda yang ingin membangun dengan cara yang lebih cepat maka bisa anda
buat mailist, buat forum, buat blog, bahkan tidak perlu keluar uang
sepeserpun

Jika sudah demikian kita tidak akan kehabisan prospek, bisnis kita akan
tumbuh dengan baik, teman kita semakin banyak, rejeki kita semakin banyak,
amal kita semakin banyak.... amien